Binatang Ini Menjadi Pertanda Dimulainya Kiamat

binatang akhir zaman
ilustrasi


Binatang Pertanda Kiamat

Kelak pada hari kiamat, kehancuran dunia dan alam semesta tak terjadi begitu saja. Sebelum sangkakala ditiup oleh malaikat yang akan mengakibatkan keguncangan dahsyat dan kehancuran alam semesta, ada tanda yang mengawali rangkaian kehancuran kiamat yang dijanjikan Allah SWT pada kita. kehancuran itu di awali dengan terbitnya matahari dari barat, jika ini terjadi maka rangkaian kiamat telah dimulai.
Diantara rangkaian kiamat adalah akan muncul binatang dari bumi yang bisa berbicara kepada manusia bahkan bertindak memberi tanda pada masing-masing orang.

Allah SWT berfirman:
“Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka. Kami akan mengeluarkan seekor binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia sudah tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.” (QS. An Naml: 82)

Yang Lebih Dahulu

Tanda besar kiamat ini akan terjadi berbarengan atau berdekatan dengan terbitnya matahari dari barat. Namun tidak diketahui dengan pasti mana yang lebih dahulu.

Rasulullah SAW bersabda:
“Sesungguhnya tanda-tanda kiamat pertama yang akan terjadi adalah terbitnya matahari dari tempat terbenamnya dan keluarnya seekor binatang kepada manusia pada waktu dhuha. (tidak diketahui secara pasti) mana diantara kedua peristiwa ini akan terjadi lebih dahulu, tetapi yang jelas keduanya akan terjadi dalam waktu yang berdekatan.” (HR. Ahmad, Muslim, Abu Daud, dan Ibn Majah).

Menurut Ibn Hajar, kemungkinan binatang bumi ini akan muncul pada hari terbitnya matahari dari barat. Dari makna lahiriyah hadis ini bahwa yang terjadi lebih dahulu adalah terbitnya matahari dari barat. Mengapa demikian? Karena hikmahnya adalah ketika matahari terbit dari barat, tertutuplah pintu taubat, maka keluarnya binatang bumi tersebut untuk membedakan orang mukmin dan orang kafir dan menekankan maksud dari tertutupnya pintu taubat.
Barangkali yang menyebabkan dua tanda ini akan terjadi dalam urutan yang berdekatan atau bahkan bersamaan adalah karena terjadinya salah satu dari dua tanda ini akan menutup pintu taubat. Wallahu A’alam

Lalu seperti apakah binatang itu?

Ia adalah seekor binatang yang besar, berbulu panjang dan mempunyai beberapa kaki. Namun keterangan ini tidak dapat di temukan dalam hadis shahih, namun ada keterangan yang menjelaskan secara rinci tentang binatang ini. Yaitu, apabila ia keluar dari sebuah celah di bukit safa secepat lari kuda selama tiga hari, maka ia belum akan keluar sepertiga dari badannya.
Binatang ini dikeluarkan untuk memberi tahukan kepada manusia bahwa sesungguhnya manusia sudah tidak yakin kepada ayat-ayat Allah. Binatang ini akan memberi tanda kepada semua orang yang ada dimuka bumi. Bahkan orang-orang yang ada di masjid yang paling terjaga dan terhormat, yaitu Masjidil Haram tidak akan terhindar dari kejaran binatang itu. Ia akan memekik, bersuara antara makam Ibrahim dan Hajar Aswad (Ka’bah) sambil menebarkan tanah dari kepalanya, kemudian menghadap ke timur dan mengeluarkan suara keras yang melampaui segala penjurunya. Kemudian ia menghadap ke barat dan melakukan hal yang sama. Hal itu menyebabkan manusia terpisah darinya bersama-sama, cerai berai dan dengan berkelompok. Sedangkan satu kelompok dari kaum muslimin akan tetap bersiteguh dan mereka telah mengetahui bahwa ia adalah binatang Allah, sedang mereka tidak akan dapat mengalahkan Allah.

Pemberi Tanda

Binatang ini juga akan memberi tanda pada muka orang mukmin sehingga menjadi terang seperti bintang. Binatang ini akan terus berjalan di muka bumi  , tidak dapat dikejar oleh siapa pun serta tidak ada seorang pun yang dapat melarikan diri darinya. Bahkan meskipun seorang laki-laki berlindung darinya dengan melaksanakan shalat, maka binatang itu akan datang dari belakangnya sambil berkata: “Hai Fulan, mengapa baru sekarang kamu shalat?”. Lalu ia memberi tanda pada mukanya dan pergi.

Rasulullah SAW bersabda:
“Binatang bumi itu akan keluar dengan membawa Tongkat Musa dan Cincin Sulaiman, maka dia akan mencap hidung orang kafir dengan tongkat dan akan membuat terang wajah orang mukmin dengan cincin. Sehingga dengan demikian apabila telah berkumpul beberapa orang yang makan di sebuah meja hidangan, maka salah seorang dari mereka akan berkata: ‘Makanlah ini wahai orang mukmin’ dan ‘Makanlah ini wahai orang kafir’.” (HR. Abu Daud Ath Thayalisi, Ahmad dan Ibn Majah)

Artikel lengkap baca di Musallamun.com/Musallamun.blogspot.com

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Binatang Ini Menjadi Pertanda Dimulainya Kiamat "