999 Dari 1000 Masuk Neraka, Termasuk Golongan Manakah Kita?

999 Dari 1000 Masuk Neraka, Termasuk Golongan Manakah Kita?

 

1 : 1000

Tahukah anda bahwa sebagaian besar manusia kelak akan masuk neraka. Allah SWT sendiri menyampaikan informasi betapa sedikitnya orang yang masuk surga dibanding yang masuk neraka.
“Dan sebagian besar manusia tidak akan beriman, walaupun engkau sangat menginginkannya. (QS. Yusuf :103)
“Dan sesungguhnya iblis telah dapat membuktikan kebenaran sangkaannya terhadap mereka, lalu mereka mengikutinya kecuali sebagian orang yang beriman.” (QS. Saba’ : 20)
“Sungguh neraka jahanam akan Kami penuhi dengan jenismu (iblis) dan semua orang di antara mereka yang mengikutimu.” (QS. Shad : 85)
Informasi ini valid karena bersumber dari Al-Qur’an Al-Karim wahyu Allah SWT. Rasul SAW bahkan menginformasikan fakta yang sangat miris bahwa manusia yang masuk surga adalah 1:1000.
Setiap seribu orang, sembilan ratus sembilan puluh sembilan orang masuk neraka. Artinya dari setiap seribu orang hanya satu orang yang masuk surga sisanya masuk neraka. Informasi ini bukan dari ucapan sembarang orang, tapi informasi ini berasal dari Nabi SAW.
Tentu saja informasi ini membuat kita ngeri, apakah kita termasuk satu orang yang masuk surga dari setiap Sembilan ratus Sembilan puluh Sembilan orang yang masuk neraka? Kekhawatiran ini pula yang dirasakan para sahabat Nabi SAW ketika mendengar kabar langsung dari Rasul SAW.

Gambaran Neraka

999 Dari 1000 Masuk Neraka, Termasuk Golongan Manakah Kita?

 

Neraka sangat luas dan sangat dalam, daya tampungnya luar biasa, jauh dari yang dipikirkan oleh siapapun. Fakta ini dibuktikan dengan banyaknya orang-orang yang akan masuk ke dalamnya. Karena jumlah yang masuk tidak terbilang dan ukuran tubuh mereka akan membesar. Sedemikian besarnya ukuran mereka, Rasul SAW bahkan menyebut ukuran gigi grahamnya sama besar dengan burung uhud dan jarak antara kedua bahunya sama jauhya dengan tiga hari perjalanan kaki.
Neraka cukup luas untuk menampung semua orang kafir yang hidup sepanjang sejarah, yang jumlahnya sangat  besar walaupun ukuran tubuh mereka yang demikian besarnya. Itupun masih terdapat lowongan untuk lebih banyak lagi orang-orang kafir.
Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an :
“Ingatlah pada hari tatkala kami berkata kepada Neraka Jahannam, “Apakah engkau sudah penuh?” Dan neraka menjawab, “Apakah ada tambahan lagi?”” (QS. Qaaf: 30)
Neraka jahannam tersebut ibarat sebuah mesin penggilingan, tempat orang membawa ribuan ton gandum untuk digiling tanpa henti-hentinya dan apabila semuanya sudah habis digiling ia masih menanti dengan tambahannya.
Dalam hadis diriwayatkan bahwa Allah SWT berkata kepada neraka,
“Engkau adalah tempatku menghukum, aku akan menghukum di dalam kamu siapa saja yang aku hendaki. Surga maupun neraka akan diisi tetapi neraka tidak akan berhenti sebelum Allah SWT menginjakan kaki-Nya di dalamnya sampai neraka berkata, “Cukup, cukup” barulah setelah itu neraka berhenti diisi dan bagian-bagiannya akan makin berdekatan. Allah SWT tidak akan melakukan kesalahan terhadap satupun ciptaannya." (HR. Bukhari dan Muslim)
Anas meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:
“Orang-orang kafir akan dilemparkan kedalam neraka dan neraka akan bertanya, “Apakah masih ada lagi?” sampai Tuhan Yang Maha Kuasa meletakkan kakinya didalamnya dan bagian-bagian neraka akan berdekat satu sama lain dan neraka akan berkata, “Cukup, cukup” Demi keAgungan dan keHormatan-Mu” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ukuran Dalamnya Neraka

999 Dari 1000 Masuk Neraka, Termasuk Golongan Manakah Kita?

 

Imam Muslim meriwayatkan bahwa Abu Hurairah berkata:
Kami berada bersama Rasulullah SAW dan kami mendengar suara sesuatu yang jatuh. Rasulullah SAW bersabda, “Tahukah kalian suara apa itu”. Kami menjawab. ”Allah dan Rasulnya yang lebih mengetahui”. Rasulullah bersabda: “Itu suara batu yang dilemparkan ke neraka 70 tahun yang lalu, tetapi baru jatuh didasarnya sekarang.” (HR. Muslim)
Banyaknya malaikat yang akan menggiring manusia ke neraka pada hari kiamat juga menjadi indikasi betapa luas dan dalamnya neraka. Rasulullah SAW pernah memberikan gambaran bagaimana neraka akan diperlihatkan pada hari kiamat nanti.
Rasulullah SAW bersabda:
“Neraka jahannam akan diperlihatkan pada hari kaimat dengan tujuh puluh ribu utas tali yang masing-masing dipegang oleh tujuh puluh ribu malaikat.” (HR. Muslim)
Bisa kita bayangkan betapa luas ciptaan Allah SWT yang menakutkan ini, yang memerlukan begitu banyak malaikat yang kuat dan kekar yang kekuatannya hanya diketahui oleh Allah SWT.

Selanjutnya -Berbaktilah Kepada Orang Tua - Ini 10 Caranya

Postingan terkait: