Jangan Ada Di Level 1 & 2 - Berikut 5 Level Shalat yang Wajib Kamu Ketahui


Abu said alkhudr (ra) beliau ini sudah sampai ketingkat level dimana ibnu qayyim mengatakan level orang yang shalat itu ada 5, Bagaimana saja 5 level tersebut?

1. Orang yang Berdosa dengan shalatnya

Yaitu orang shalat tapi tidak memberikan haknya. Misalnya ada orang shalat karena disuruh, hanya karena tidak enak, mau wudhu atau tidak berwudhu terserah, dan percuma dia shalat malah dia mendapat prilaku riya, dan riya adalah melakukan suatu amalan agar orang lain bisa melihatnya kemudian memuji dirinya seperti dilansir dari muslim.or.id (07/06/2017).

2. Shalat tapi tidak mendapat pahala

Level ini orang yang shalat di level 2 ketika dia shalat dari mulai takbir sampai salam semuanya mengkhayal, tidak pernah fokus. Ini orang yang percuma gak ada pahalanya. Masuk kedalam sabda Nabi Muhammad SAW : ada orang yang hari akhir diremuk-remuk semua shalatnya lalu dilemparkan ke wajahnya. Karena dari takbir sampai salam tidak  mengerti  apa yang dia ucapkan, untuk apa shalat kalau  begitu.

3. Shalat dan mendapatkan pahalat tapi sedikit.

Sesuai dengan sabda nabi Muhammad SAW : ada orang yang shalat tidak akan mendapatkan kecuali setengah pahala shalatnya. Ada orang yang shalat tidak dapat kecuali sepersepuluh pahala dari shalatnya. Jadi shalat dilevel ini mendapatkan pahala tapi kecil karena lebih banyak mengkhayal daripada fokusnya.

4. Shalat dan mendapatkan lebih banyak pahala tapi masih ada yang hilang

Orang yang shalat dilevel ini berusaha untuk fokus tapi terkadang masih mengkhayal, maka shalat ini lebih banyak pahala yang didapat daripada pada point shalat yang nomor 3 diatas. Ketika kita lagi baca bacaan shalat, kemudian kita fokus mengikuti bacaannya maka dapat pahala terus per hurufnya, pergerakan juga ada pahalanya. Tapi pada saat kita baca dan tidak sadar lagi mengkhayal hanya cuma lisan kita sudah terbiasa membaca jadi ngucapin karena rutinitas itu gak ada pahalanya.

5. Orang yang fokus dalam shalat

Level terakhir ini luar biasa hebatnya karena orang ini shalat dari mulai takbir sampai salam fokus sampai dia lupa siapa yang ada disekelilingnya dan mereka tidak perlu tau dimana tempat itu berada. Jadi jangan anda katakan ohh susah orang kalau fokus shalat, itu tidak ada susahnya sebenanrnya asalkan dia mau dan tau nilainya kadar shalat itu. Bahkan Abu said alkhudr disuruh Rasulullah SAW untuk menjaga pasukan dimalam hari dan Nabi SAW sedang tidur bersama dengan pasukan. Maka saya (abu said) pun shalat disemak belukar. Pada saat saya shalat tiba-tiba ada mata-mata musuh dari jauh memanah kearah jantung saya lalu keluar darah, tetapi saat itu saya sedang sangat menikmati surah al-kahfi yang saya baca ketika shalat sehingga saya tidak merasakan perihnya anak panah tersebut. Lalu mata-mata itu melepaskan kembali anak panahnya sampai 10 anak panah dan semua mengarah ke jantung saya dan dia berkata kalau saya tidak khawatir saya terbunuh dengan anak panah selanjutnya kemudian Nabi Muhammad dan sahabat-sahabatnya akan dibunuh oleh musuh, saya akan selesaikan shalat saya dengan surah alkahfi. Bagaimana said alkhudr bisa fokus sambil menahan sakitnya anak panah. Coba deh kalau disini anda digigit nyamuk gimana tuh, jangankan digigit dengar suaranya aja sudah buyar tuh fokus.
Itulah diantaranya 5 level shalat, kamu ada dilevel berapa? jangan sampai ada dilevel 1 dan 2 ya. 
Dilansir dari rumahfiqih.com (07/06/2017) Rasulullah SAW bersabda :
Dari Abi Hurairah radhiyallahu anhu bahwa Nabi SAW melihat seseorang memainkan jenggotnya ketika shalat. Maka beliau berujar,"Seandainya hatinya khusyu' maka khusyu' pula anggota badannya. (HR. At-Tirmidzi)
juga dilansir dari almanhaj.or.id (07/06/2017)
Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman (yaitu) orang-orang yang khusyu’dalam shalatnya. (QS. Al-Mukmin : 1-2)

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Jangan Ada Di Level 1 & 2 - Berikut 5 Level Shalat yang Wajib Kamu Ketahui"

Berkomentar disini